Initiative for Sustainability

 

 

 

 

Initiative for Sustainability atau Gerakan Indonesia Berlanjut adalah sebuah wadah kolaborasi pemangku kepentingan agar Indonesia menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan. Berikut catatan La Tofi selaku pendiri:

Pembangunan berkelanjutan yang diterjemahkan dari sustainable development adalah dua kata yang sering diucapkan oleh para birokrat. Saya berharap mereka memahami artinya, bukan menganggap sebagai “pembangunan” yang terus dilanjutkan tanpa mengevaluasi manfaatnya. Saya ingin mengulang pengertian sustainable development oleh Komite Brundtland sebagai upaya memastikan berlangsungnya kelestarian alam sehingga generasi sekarang dan generasi yang akan datang tetap mendapatkan manfaatnya. Berangkat dari pengertian ini, kita dapat mengujinya pada praktek yang sedang berlangsung di negeri ini.

Faktanya, tidak ada satu pun daerah yang terbebas dari perubahan lingkungan, akibat pembangunan yang berlangsung sebelum dan sesudah kemerdekaan. Laju kerusakan hutan berlari sangat kencang meninggalkan upaya reboisasi yang dilakukan. Ekosistem laut pun mengalami kerusakan. Sementara itu emisi dari industri serta kendaraan bermotor jauh melampaui batas toleransi alam. Sehingga kita saat ini langsung merasakan akibatnya. Cuaca, juga dirasakan sangat ekstrim. Tanah dan embung tidak mampu lagi menyerap secara cepat air hujan sehingga muncul banjir dimana-mana. Kepada siapa kita mencari pertanggung jawaban dari persoalan ini?

Sebelum masing-masing pihak mengelak dan mencoba menunjuk pihak lain sebagai yang bersalah, maka lebih baik kita semua selaku pemangku kepentingan bumi ini mengarahkan telunjuk ke diri kita masing-masing.

Negara kepulauan seperti Indonesia adalah yang paling beresiko menghadapi perubahan iklim. Oleh karena itu apabila ancaman sudah di depan mata, apakah kita harus berdiam diri?. Kita ingin Indonesia menahan laju perubahan iklim dengan berbagai inisiatif agar Indonesia tetap berlanjut. Karena itu The La Tofi School of CSR menginisiasi GERAKAN INDONESIA BERLANJUT, agar semua pihak bisa berkolaborasi untuk Bumi Tercinta.

 

Penobatan Happy Salma sebagai Duta Gerakan Indonesia Berlanjut pada acara Indonesia Green Awards 2014

 

 

© 2017 The La Tofi School of CSR. All Rights Reserved.